Instalasi instagramable yang sayang untuk dilewatkan.
Kopi, si hitam yang tak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Entah berapa kali dalam sehari, kita menyesap aroma kopi. Beberapa tahun ini, kedai kopi seakan menjamur di kota-kota di Indonesia. Cara penyajiannya juga bervariasi. Mulai dari Coffe-To-Go sampai kopi dingin dalam bentuk Ready To Drink.
Tak bisa dipungkiri kalau pasar RTD (Ready to Drink) kopi ini cukup mengagumkan. Dengan alasan lebih ringkas, RTD menjadi idola baru bagi para millennials dalam menikmati kopi. Menurut catatan Nielsen, belanja iklan kopi dan teh pada Q3 2018 tumbuh 4%, dengan total mencapai Rp 1,4 triliun.
Ketatnya persaingan dan masih terbukanya ceruk pasar RTD membuat Nescafé sebagai salah satu perusahaan penghasil minuman kopi dalam kemasan menghadirkan inovasi baru rasa kopi: NESCAFÉ Lively Yuzu dan Cool Coconut.
Menurut Business Executive Officer Ready to Drink Business Nestle Indonesia Welih Sutidjan, NESCAFÉLively Yuzu dan Cool Coconut terinspirasi dari konsep milenial masa kini, yaitu mashup.
“Mashup adalah perpaduan dua dunia yang berbeda yang menghasilkan suatu karya menarik, seru, dan penuh kejutan. Kami berharap minuman ini semakin memperkuat posisi NESCAFÉ sebagai minuman kopi siap minum yang dekat dengan anak muda,” imbuhnya.
Mashup World, Serunya Dunia Baru
Bertepatan dengan peluncuran kedua varian Lively Yuzu dan Cool Coconut, NESCAFÉ juga membangun sebuah instalasi yang terletak di bilangan Sarinah. Bangunan berukuran 200m2 ini dihadirkan untuk masyarakat agar bisa menjelajahi dunia baru bernama NESCAFÉ MASHUP WORLD.
Instalasi ini memamerkan karya inspiratif hasil kolaborasi anak-anak muda berbakat dari dunia yang berbeda. Ada Naufal Abshar (pelukis) yang dipasangkan dengan Skinny Indonesian24 (content creator), serta Kallula (penyanyi) berkolaborasi dengan Ardy Arsyudio (animator). Semuanya serba instagramable. Sesuai dengan target pasar yang dituju.
Instalasi Naufal Abshar X Skinny Indonesian24
Mashup World ini dibagi menjadi beberapa ruangan sesuai dengan produk yang diluncurkan yaitu Lively dan Cool. Di dunia Cool ada beragam spot yang sayang sekali untuk dilewatkan seperti “Beach” yang menyerupai pantai dan video mapping yang menjadi favorit pengunjung.
Di sisi lainnya ada Lively. Sesuai dengan namanya, spot disini lebih vibrant dan meriah. Warna kuning terlihat cukup menonjol. Pengunjung bisa memilih berswafoto sembari memainkan silent disco atau berpose di area kopi dan yuzu yang tergantung dengan cantik.
Kami mencoba berpose di antar kopi dan yuzu
Di antara kedua dunia tersebut, terdapat sebuah ruangan gelap dengan satu sumber cahaya di dalam silinder yang berputar dan menghasilkan suara seperti grinder kopi. Di sini seperti menunjukkan bahwa kopi adalah penghubung dua kolaborasi Cool dan Lively.
Setelah puas berfoto, pengunjung bisa mencoba permainan ketangkasan untuk mendapatkan sampling produk. Pengunjung diharuskan mengisi sebuah form termasuk akun instagram mereka.
Nescafé juga menyediakan vending machine yang terletak dekat pintu masuk. Tinggal pencet tombol varian apa yang disuka, sekotak Nescafé Lively Yuzu atau Cool Coconut bisa dinikmati.
Dengan MASHUP WORLD, Nescafé ingin menunjukkan bahwa semangat positif dalam kolaborasi yang bisa membuat dunia lebih seru seperti kedua varian baru mereka. Yuk #cobainserunyaduniabaru
NESCAFÉ MASHUP WORLD dibuka secara gratis mulai tanggal 31 Maret sampai 7 April 2019 di Sarinah, Jakarta Pusat dari buka Senin – Sabtu pukul 11.00 – 22.00 WIB, dan hari Minggu, pukul 08.00 – 21.00 WIB.
Tanggal 22 Desember adalah hari dimana semua brand terutama FMCG dengan target market ibu-ibu atau wanita berlomba meraih simpati melalui kampanye di digital. Lalu Bagaimana Brand Merayakan Hari Ibu? Berikut beberapa video yang kami rangkum.
HIT – InspirasiIbu
Materi video ini juga merupakan iklan TVC yang bisa dilihat di televisi. Dengan pendekatan wawancara tentang ibu dan harapan mereka tentang masa depan.
Nivea – PS. I Love Mama The Movie
Film pendek hasil kerjasama antara Nivea dan Lola Amaria ini menceritakan kisah Laura dalam mengejar cita-citanya dimana dia harus melewati berbagai tantangan dan harus jauh dari Ibunya. Karena keberhasilannya juga berkat sang Ibunda. Ia berusaha mengungkapkan rasa sayang yang selama ini sulit diungkapkan.
Tokopedia – Karena Ibu
Nissan – Mama Mau Cerita
Salah satu favorit, sedikit terinspirasi dengan mengubah cerita dari kisah ayah dan anaknya di iklan Petronas Hari Raya karya Yasmin Ahmad. Tak seperti iklan lainnya yang mengharapkan air mata, kisah ini justru mengundang tawa karena sangat rekat dengan kehidupan sehari-hari. Great job, Nissan.
Go-Jek : Kejutan Hari Ibu
Memberi kejutan di hari ibu bagi stakeholder? Kenapa tidak. Go-jek memberikan apresiasi untuk driver wanita bernama Ibu Mutia dengan hadiah go-food.
Ponds – Mari Rayakan #EkspresiCintaIbu
Tidak biasanya, Unilever untuk tahun ini hampir dibilang absen dalam membuat video untuk hari ibu. Tercatat hanya Pond’s yang kebetulan sedang melakukan kampanye digital dengan tajuk Mari Rayakan #EkspresiCintaIbu. Sayangnya video ini hanya terkesan seperti apa adanya.
Nestlé Indonesia – Beda Masa, Cinta Ibu Selalu Sama – #KarenaBunda
Seperti HIT, ini juga merupakan versi panjang dari TVC. Bercerita tentang hubungan nenek dan cucu. Tidak langsung mengucapkan selamat hari ibu tetapi ingin membuktikan bahwa kasih ibu itu sama meskipun berbeda masa.
OPPO – Sudahkah Luangkan Waktu #SejenakBersamaIbu Hari Ini?
Dayu Wijanto sepertinya jadi idola untuk tahun ini. Aktris ini membintangi dua video hari untuk Ibu. Sekilas video ini mirip seperti Nissan dimana Ibu bawel menjadi dasar cerita. Namun Oppo kali membenamkan fitur handphone mereka ke dalam cerita.
OLX – Ibu Tahu
https://www.youtube.com/watch?v=vWdFrbSWM88
Punya saudara pelit? Atau bawel? Sang Ibu justu melihat dari sisi yang berbeda.
AIA – Untuk Ibu Tercinta
Messenger seperti whatsapp sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Video ini menceritakan bagaimana komunikasi terhadap ibu yang seharusnya lebih dekat, menjadi sesuatu yang kadang mengganggu hingga selalu ada alasan untuk tidak bertemu. AIA berusaha menyadarkan dengan #RealCareNeverStops
Telkomsel – #MenjadiYangTerbaik Bagi Ibu
Selain video Go-Jek, Telkomsel juga membuat video tentang bagaimana teknologi membantu Ibu Natali yang menjadi pengemudi taksi online. Video ini satu-satunya dari perusahaan operator selular yang ikut memperingati hari ibu.
Keren! Last Minute Souvenir Angkasa Pura II Ubah Recehan Jadi Souvenir Cantik.
Membawa apa dari liburan di luar negeri? Pertanyaan ini mungkin sering mengganggu beberapa orang. Tak hanya itu, sisa uang yang belum habis terutama koin yang tak berguna juga menjadi problem tersendiri.
Angkasa Pura Indonesia, pengelola bandara di seluruh Indonesia, memutuskan untuk menggabungkan dua permasalahan di atas menjadi sebuah solusi tepat disebut “Last Minute Souvenir.”
Untuk menandai ulang tahunnya 31 Agustus lalu, Angkasa Pura – bekerja sama dengan Dewan Pariwisata Indonesia meluncurkan rangkaian amplop dengan ilustrasi indah untuk merayakan cerita dari desain belakang koin Indonesia. Wisatawan yang melewati Bandara Jakarta bisa mengambil amplop secara gratis dan menyelipkan koin di dalamnya. Tentu saja hal ini mengubah koin sisa yang tidak berguna menjadi souvenir yang indah dan informatif.
Ada empat rangkaian desain yang dikeluarkan. Seperti untuk koin 500 rupiah yang menceritakan kisah Melati sebagai bunga Nasional. Tiga desain lainnya adalah tentang angklung, alat musik tradisional yang terinspirasi Dewi Sri untuk menari sepanjang malam; dan dua burung asli Indonesia yaitu Jalak Bali dan Kakaktua Raja.
Dengan desain lipat berukuran 6 cm x 6 cm, amplop kecil ini tidak hanya cantik, tapi ringan dan mudah dibawa. Dan ribuan “Last Minute Souvenir” diberikan secara gratis di Bandara Jakarta selama sebulan.
“Ketika wisatawan memberikan ini ke teman-teman atau keluarga mereka, kami berharap itu akan memacu mereka untuk juga datang ke Indonesia.” Kata Eka Maria, Wakil Presiden layanan bandara.
Kampanye ini menarik perhatian Triawan Munaf, Kepala Badan Indonesia untuk Ekonomi Kreatif, yang mengatakan setelah peluncuran kampanye: “Last Minute Souvenir tidak hanya membuat koin yang tidak terpakai menjadi berguna, tetapi juga meninggalkan kesan yang berarti.”
J. Walter Thompson Jakarta adalah Creative di balik kampanye “Last Minute Souvenir” ini.
“Kami percaya ide sederhana bisa menggerakkan orang-orang dan memicu respon positif. Dan kami yakin bahwa ‘Last Minute Souvenir‘ dapat membantu mempromosikan pariwisata Indonesia dalam bentuk paling sederhana. “, Kata Leonard Wiguna, Creative Director J. Walter Thompson Jakarta.
Cheers Bangga Indonesia : Ajakan Bintang Sebarkan Semangat dan Bangga Indonesia
Banyaknya berita negatif yang akhir-akhir ini beredar telah meredam berita positif yang mendunia dan membanggakan mengenai Indonesia. Hal tersebut mencetuskan PT Multi Bintang Indonesia, Tbk. (“Bintang”) bersama Mirum Jakarta (sebelumnya dikenal sebagai XM Gravity) menggagas kampanye “Cheers Bangga Indonesia”, dengan mengumpulkan 100 (seratus) beritapositif yang telah dikurasi dari berbagai sumber terpercaya dan mengajak sebanyak-banyaknya warga Indonesia untuk menyebarkan semangat serta rasa bangganya dengan berbagi artikel terpilih di saluran social media mereka.
Jenny Tumewu selaku Marketing Manager Bir Bintang mengatakan, “Bintang sebagai salah satu brand ikon terdepan Indonesia berkomitmen untuk ambil bagian dalam menyebarkan semangat positif tentang Indonesia kepada masyarakat luas dengan akses web http://www.cheersbanggaindonesia.com. Kami percaya menjelang 70 Tahun Dirgahayu Indonesia menjadi saat yang tepat untuk kami memulai gerakan ini”. LUNCURKAN KEMASAN EDISI KHUSUS
Pada saat yang sama, Bintang telah meluncurkan kemasan edisi khusus “Bangga 70 Tahun Kemajuan”. Kemasan Merah Putih ini sebagai simbol kebanggaan Bintang terhadap kemajuan Indonesia seraya mengingatkan kembali semangat Merah Putih. Hal ini mempertegas visi Bintang dengan gerakan “Cheers Bangga Indonesia” untuk berbagi semangat positif di tengah masyarakat Indonesia.
Bintang Indonesia edisi khusus
“Kampanye digital ini kami luncurkan untuk mengajak anak negeri mengapresiasi prestasi positif bangsa Indonesia, serta turut serta untuk menyebarkan kebanggaan tentang Indonesia. Caranya adalah dengan turut membagikan atau memberikan cheers pada beberapa fakta mengenai kemajuan Indonesia selama 70 tahun. Gerakan ini merupakan terobosan digital serta wujud sumbangsih kami kepada Indonesia,” ungkap Andhini Putri, Group Digital Manager Bintang.
Semangat ini juga didukung sepenuhnya oleh Mirum Jakarta, seperti diungkapkan oleh Garth Parlimbangan, Managing Director Mirum Jakarta, “Kami sangat menyambut baik ajakan Bintang untuk turut memberikan cheers bagi bangsa kita dengan berkontribusi membangun platform serta konten terbaik. Gerakan ini akan membangun kebanggaan akan prestasi Indonesia dan menumbuhkan kesadaran begitu banyak hal positif yang dapat kita sebarkan kepada dunia”.
Gerakan yang diluncurkan pada tanggal 11Agustus yang lalu dan berlangsung sampai 31 Agustus ini diharapkan akan menjadi pemicu bagi anak bangsa untuk selalu membagikan semangat, serta memberikan cheers mengenai berita positif Indonesia.
Saat ini telah ratusan ribu cheers atau dukungan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia di ranah digital, ditunjukkan dengan menjadi bahasan utama di linimasa Twitter atauTrending Topic di Indonesia dengan hashtag #CheersBanggaIndonesia. Sampai akhir kampanye ini, sekitar 814.388 cheers telah diberikan.
“Melalui kampanye ini, Bintang yang telah menjadi bagian sejarah Indonesia berkomitmen dan ingin menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menghargai prestasi anak bangsa dan berharap Bintang dapat selalu menjadi bagian penting dalam merayakan kemajuan Indonesia,” tutup Andhini Putri.